Sunday 6 August 2017

Pengaruh Perang Dingin Terhadap Kehidupan Politik & Ekonomi Global

v  Kehidupan Politik  :
·         Terlihat dari adanya system aliansi atau pembentukan sekutu dalam penyebaran ideologi – ideology perang dingin.
Contoh  :
1)    Amerika Serikat berusaha mengembangkan dan menyebarkan paham demokrasi dan kapitalis.
2)    Uni Soviet juga mengembangkan paham sosialis – komunis di berbagai Negara.



·         Membuat batas pemisah yang jelas antara daerah – daerah yang terlibat langsung dalam konflik perang dingin. Yaitu kedua negara adikuasa tersebut menjalankan politik pecah belah sehingga beberapa negara menjadi terpecah seperti Korea,Vietnam,maupun Jerman.

·         Pembangunan tembok Berlin di Jerman sebagai batas antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Karena perbedaan paham yaitu Jerman Barat menganut paham liberal dan Jerman Timur paham komunis.

Berlin Wall


v  Kehidupan Ekonomi  :
·         Menurut Thomas L. Friedman,globalisasi memiliki dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas,dan dimensi tekonologi yaitu teknologi informasi yang telah menyatukan dunia

·         AS sebagai negara kreditor terbesar memberikan pinjaman atau bantuan ekonomi kepada negara-negara yang sedang berkembang berupa Marshall Plan. AS juga memberikan bantuan ”Grants in Aid” yaitu bantuan ekonomi dengan kewajiban mengembalikan berupa dollar atau dengan membeli barang-barang Amerika Serikat. Bagi negara-negara di Asia Presiden Truman mengeluarkan “The Four Points Program for the Economic Development in Asia” berupa teknik dalam wujud perlengkapan-perlengkapan ekonomis atau bantuan kredit yang berasal dari sektor swasta di Amerika Serikat yang disalurkan oleh pemerintah kepada negara-negara yang sedang berkembang.

·         Uni Soviet juga berperan sebagai negara kreditur dengan dikeluarkannya Mlotov Plan,bagi negara Eropa Timur dan sekutu Soviet.

Molotov Plan


·         Mereka saling berlomba untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara menginvestasikan modal mereka ke negara-negara berkembang yang upah buruhnya masih relatif rendah. Sehingga keuntungan mereka juga melambung tinggi.
Namun hal diatas juga berdampak baik bagi negara yang ditempati untuk membuka usaha para pemilik modal. Pertumbuhan ekonomi di negara itu juga akan tumbuh pesat.

Perekonomian dunia terbagi atas sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi terpusat pada negara, dan sistem ekonomi campuran. Dimana sistem ekonomi liberal berlaku di negara-negara kapitalis. Sistem ekonomi terpusat pada negara berlaku di negara-negara komunis. Dan sistem ekonomi campuran berlaku di negara-negara yang baru merdeka. Sistem ekonomi kapitalis diterapkan di Eropa Barat dan Amerika Serikat mempraktekkan konsep negara sejahtera (welfare state) sehingga menyediakan dana sosial yang besar untuk mensubsidi kesehatan, pendidikan, pensiunan, dan dana sosial lainnya bagi masyarakat.



Anggota Kelompok  :
1.    Ade Mila A.A             (02)
2.    Angga Budhi K         (05)
3.    Irish Vania.S             (18)

4.    R.Murdiana               (23)


SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment