Sunday 6 August 2017

Analisis Mengenai Perang Dingin Terhadap Kehidupan Politik dan Ekonomi Global



Bidang Ekonomi

1. Dalam bidang ekonomi ternyata perang dingin juga membawa dampak positif pada perekonomian dunia. Baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini ditandai dengan munculnya negara super power. Dengan adanya negara super power, maka perekonomian dunia banyak dikuasai oleh para pemegang modal. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara menginvestasikan modal mereka ke negara-negara berkembang yang upah buruhnya masih relatif rendah. Sehingga keuntungan mereka juga melambung tinggi. Selain itu dampak positif lainya adalah
A.      Penurunan jumlah pengangguran
B.      Pemulihan ekonomi
C.      Perkembangan IPTEK yang baik
D.      Lahirnya negara super power yang banyak modalnya
E.       Peningkatan investasi ke negara berkembang
F.       Peningkatan upah buruh karena peningkatan investasi modal
G.     Lahirnya organisasi ekonomi dunia, seperti: WTO, NAFTA, GATT,  dll
H.      Adanyan penyatuan mata uang
I.        Peningkatan daya beli masyarakat



Namun siapa sangka bahwa hal diatas juga berdampak baik bagi negara yang ditempati untuk membuka usaha para pemilik modal. Pertumbuhan ekonomi di negara itu juga akan tumbuh pesat. Jadi keduanya diuntungkan dalam usaha ekonomi ini. Pada saat itu negara pemilik modal yang berlomba-lomba untuk menguasai dunia perekonomian, secara tidak langsung juga membawa unsur politik didalamnya. Sehingga pemilik modal besar mendapatkan keuntungan besar, sementara negara yang modalnya terbatas keuntungannya juga kecil. Karena itu munculah istilah globalisasi ekonomi di masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukanlah beberapa tindakan seperti misalnya menyatukan mata uang. Contoh yang sangat terlihat adalah negara-negara di kawasan eropa yang menyatukan mata uang mereka menjadi euro.

Dampak negatif  perang dingin pada bidang ekonomi global, seperti:
     
    A.      Ketergantungan negara beekembang terhadap negara super power
    B.     Terciptanya masyarakat konsumtif
    C.     Negara berkembang menjadi negara jajahan ekonomi negara maju       


Bidang Politik



1.     Dampak dalam bidang politik dapat kita lihat dari dibangunnya tembok berlin di Jerman sebagai batas antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Dalam perang dunia kedua negara ini memang sudah terbagi menjadi 2, yaitu Jerman Barat yang beribukota di Bonn dan Jerman Timur yang beribukota di Berlin. Negara ini mengalami perpecahan karena adanya 2 paham yang berbeda berlaku di negara ini, yaitu liberal yang dianut jerman barat dan Komunis yang dianut jerman timut.

2.      Dalam perjalanan pemerintahannya, Jerman barat mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat daripada Jerman timur. Oleh sebab itu, banyak orang Jerman timur yang memutuskan untuk hijrah ke Jerman barat. Namun karena saat itu terjadi perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet, Uni soviet merasa tersinggung dengan adanya orang-orang pindah ke Jerman Barat. Kerena itu Uni soviet mendanai dan mendukung untuk membangun sebuah tembok yang berada di kota berlin yang menyebabkan terbelahnya kota itu. Selain itu di tembok ini, uni soviet juga menyiagakan tentaranya agar menembaki orang-orang yang masih berani untuk menyebrang. Kemudian tembok ini sangat dikenal orang sebagai simbol bagi perang dingin.

3.      Dampak Perang Dingin dalam kegidupan politik juga dapat kita lihat dari adanya sistem aliansi atau pembentukan sekutu dalam penyebaran ideologi-ideologi Perang Dingin. Amerika Serikat berusaha menjadikan negara-negara yang sedang berkembang maupun negara sekutunya menjadi negara demokrasi dan kapitalis. Sedangkan Uni Soviet juga mengembangkan paham sosialis-komunisnya di berbagai negara.

Sumber :

http://ben-ni.blogspot.co.id/2008/11/dampak-perang-dingin.html?m=1

Anggota Kelompok 2
1.       Azzahra Nurhidayati N    (07)
2.       Intan Salfa Z                   (17)
3.       Nastiti Ajeng P                (20)
4.       Shofin Iffat N                   (26)
5.       Widya Wati                      (28)

SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment